Tips memilih domain yang baik


pemilihian domain blog penting banget untuk kamu yang akan memulai  menulis di blogger, karena domain ini adalah nama sedangkan nama adalah doa, jadi berikanlah nama domain yang baik halah apasih!!

serius lho, coba pikir kalau google memilih nama yang aneh misal : mesinpencarian apakah akan sepopuler sekarang ?

mungkin saja sih populer, tapi saya bisa jamin ngga akan sepopuler google, kenapa ? karena pemilihan domain itu ada trik-triknya lho, simak posting ini sampai habis!

menurut saya umumnya domain harus memiliki sifat berikut:

  • unik
  • mudah diingat
  • tidak lebih dari 3 suku kata
  • tidak menggunakan nama produk / domain lain

Domain harus unik

maksud unik disini domain bisa saja memiliki makna tertentu atau singkatan dari suatu kata, atau malah dua kata yang dijadikan satu, misalnya ya? kaskus, google, yahoo, facebook dkk

Mudah diingat

pastinya domain harus mudah diingat, karena akan mempermudah pengunjung sewaktu akan mengunjungi blog kita lagi,
lho kan bisa diliat di history browser mas? bisa kan pengunjung melihat history jika mau  ya kalau pengunjung mengakses di perangkat yang sama, kalau beda? 

misal si A lagi nunggu bis kota sehabis pulang sekolah, jadi dia browsing lewat androidnya, dia nemuin tutorial blog yang bagus di http://genposter.blogspot.com (amin) jadi dia berencana untuk praktekin tutorial itu di blognya ketika sampai dirumah nanti.

ketika sampai dirumah si A langsung online buka laptop, mudah saja si A mengingat alamat blognya http://genposter.blogspot.co.id/. sekarang bayangkan jika blog ini saya beri domain tutorialbloglengkapseo.blogspot.com waduhhh apa si A masih akan ingat alamat blognya?

Domain tidak lebih dari 3 suku kata

untuk yang satu ini opsional sih, boleh diterapkan boleh tidak, belajar dari website2 besar yang sudah mendunia. rata-rata domain tidak lebih dari 3 suku kata, misalnya saja:
  • facebook dibaca 'fes buk' hanya 2 suku kata
  • Google dibaca 'gu gel' hanya 2 suku kata
  • Youtube dibaca 'yu tub' hanya 2 suku kata
  • Kaskus hanya 2 suku kata
  • Lyto (portal game online) dibaca 'li to' 2 suku kata
  • Garena (portal game online) dibaca 'gare na' atau 'ga re na'
  • GenPoster dibaca 'gen pos ter' 3 suku kata <--ngeksis terus nih sob
domain seperti ini akan mempermudah pengunjung untuk mengingat lho,

Tidak menggunakan nama produk / domain lain

ini juga yang wajib diketahui ketika memilih nama domain, kita tidak boleh menggunakan nama-nama produk yang sudah memiliki hak paten, selain bisa dituntut hasil di pencarian di google pun kurang baik. contohnya:

saya ingin membuat blog tentang cara menambah pengunjung dari google dengan seo, lalu saya buat domain seogoogle.com ini merupakan penamaan domain yang kurang tepat lho! dari pada seogoogle.com mending dibuat lebih minimalist dan tidak terkena hak paten, misalnya tipseo.com caraseo.com atau lainnya.

contoh kedua: domain btemplates.com lebih baik  daripada  domain bloggertemplate.com 

terlepas dari beberapa tips diatas ada juga teman-teman blogger yang memilih memasukkan keyword blognya untuk meperbaiki SEO misalnya. blog tentang games dinamai "gamesupdateterbaru.blogspot.com" waduuuhh susah banget diingat ya urlnya? kenapa tidak dibuat jadi gamesbaru.com atau nama yang lebih baik lainnya?

beberapa blogger juga memberi domain sesuai nama pemiliknya misal : sugeng.id, aripratama.com dan lain-lain, tidak ada salahnya juga menggunakan nama pemilik sebagai domain, karena dulunya blogger memang platform sarana curhat untuk penggunanya, tidak seperti sekarang ini yang sudah beralih fungsi menjadi portal berita, kumpulan tutorial dan tipe blog lainnya.

jadi sudah terbayang apa nama domain yang akan sobat pilih ?

Comments

Popular posts from this blog

Ngeblog pakai bahasa formal atau informal ?

Waspada penjual domain TLD murah

Hobby Merawat bayi kura-kura Brazil / Red Eye Slider (RES)