Waspada penjual domain TLD murah


memiliki blog dengan top level domain seperti .com .net memang suatu pencapaian dan kepuasan sendiri bagi pemiliknya, tapi gimana kalau domain yang kita miliki itu ilegal ?

Sobat pingin punya blog dengan TLD (top level domain) tapi dengan harga yang murah ? hati-hati salah beli yah, seperti yang saya lihat di grup facebook blogger indonesia, banyak yang menjual TLD dengan harga super murah, domain .net .com dan lainnya yang harusnya berharga Rp.120.000 hanya dijual dengan setengah atau bahkan sepertiga harga menjadi 4$ atau Rp.50.000.

kenapa bisa murah banget yah ?
jawabannya satu sob, karena rata-rata domain murah itu ilegal, penjual domain menggunakan kartu kredit hasil curian atau biasa disebut carder.

Sobat order domain kepenjual, kemudian penjual akan melakukan order ke website penyedia domain, nah saat payment, penjual akan memasukan data kartu kredit curian, atau menggunakan paypal hasil hacking, waduh hacking?

ya sob hasil hacking. terus apa kerugiannya membeli domain murah ini ?
karena domain ini ilegal domain bisa saja di suspend sewaktu-waktu, bayangkan saja misal blog sobat lagi naik daun banyak posting yang masuk halaman pertama google dan pemasukan dari adsense yang lumayan tiba-tiba domain di suspend yang berarti blog sobat tidak bisa diakses, rugi bukan ?

lalu apalagi kerugiannya?
domain tidak bisa diperpanjang (renew) beruntung jika domain ilegal tsb tidak di suspend dalam beberapa bulan, tapi ketika mencapai masa setahun pastinya domain membutuhkan renew atau pembaruan.

banyak juga kerugiannya, apa masih ada lagi ?
ada lagi dong, pembeli domain bisa saja dipidanakan, lah kok dipidanakan? iya pada saat melakukan pendaftaran domain pastinya pembeli harus melengkapi data-data seperti nama lengkap, nomor telepon atau alamat. semua itu bisa dilihat oleh korban yang kartu kreditnya digunakan oleh penjual untuk membeli domain lho caranya mudah

korban yang kartu kreditnya dipakai oleh si penjual (carder) tadi akan melihat history pembayaran yang ada di kartu kreditnya, nah disitu biasanya tertulis "pembelian domain blabla.com  $12" sekarang korban tinggal melakukan tracing ke domain tersebut. korban bisa menggunakan bantuan who.is salah satunya https://www.whois.net/ 

setelah memasukan alamat domain di whois, korban bisa melihat siapa pemilik domainnya celakanya jika nama sobat yang membeli domain murah dari si carder tadi tercantum di whois domain tersebut lengkap dengan alamat dan nomor telepon.

korban bisa saja langsung menghubungi sobat yang membeli domain murah tadi, sedangkan sang carder aman karena tidak ada datanya di whois. dan selanjutnya sobat bisa bayangkan sendiri deh bisa saja pembeli melapor kepada pihak yang berwajib.

mau punya blog dengan TLD akhirnya malah berujung petaka, ngga banget deh. mending membeli dari penyedia domain resmi seperti rumahweb atau idhostinger.

meskipun harga lebih mahal tetapi aman dan legal.

bagiamana caranya agar tidak tertipu dengan penjual domain murah ini ?akan saya jelaskan diposting berikutnya.

Comments

  1. cari cari hosting aja ang lagi promo

    ReplyDelete
  2. Harus ekstra waspada kalau beli kepada orang-orang tidak bertanggung jawab. Dia itu hacker berarti mencuri. Mencuri adalah dosa. Masuk penjara dkk didunia. So kalau di akhirat apa tidak mikir???? hehe. OOT ya gan maaf

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum oot kok bro masih dalam lingkup waspada hehe, yoi bro kadang malah pelakunya masih muda-muda umuran 14-17 tahun makanya belum punya etika. punya ilmu sedikit dari google langsung dipraktikan ujung2nya merugikan orang lain

      Delete
  3. ada jg yg nawarin murah daftar nya via enom itu bahaya gak gan? mohon d bls ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk enom tergantung penjualnya gan, bisa ditanyakan kepada penjual kenapa harganya bisa semurah itu jikalau ada diskon minta penjual untuk menunjukan link diskonnya.

      setelah saya cek di enom gk ada diskon apapun tu, jadi perlu dicurigai. untuk dot com di enom dihargai $13,9

      Delete
  4. Kita harus waspada kalau ada iming-imingan domain TLD murah. lebih baik beli yang sedikit mahal tetapi aman dan sukses

    ReplyDelete
  5. Mantap artikel diatas sangat bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  6. Pantesan ya promo murah bgt, untuk ane mke domain gratisan..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. meskipun domain gratisan tapi konten blognya keren abis gan, saya sudah cek waktu blogwalking tadi hehehe

      Delete
  7. info yang sangat bermanfaat, jadi lebih waspada buat nyari penjual domain tld terpercaya, heheheee

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ngeblog pakai bahasa formal atau informal ?

Hobby Merawat bayi kura-kura Brazil / Red Eye Slider (RES)