Hobby Merawat bayi kura-kura Brazil / Red Eye Slider (RES)

Kalau blog ini bisa ngomong mungkin dia udah bilang "posting kok cuma waktu sedih / seneng aja?" ya selain 2 mood itu saya ngga pernah posting diblog ini hehehe, beberapa minggu ini saya punya hobi baru yaitu memelihara kura-kura brazil atau Red Eye Slider alias RES, seru si buat ngabisin waktu kosong dirumah.

banyak yang bilang pelihara kura-kura itu gampang ngga perlu perawatan ini itu makanannya bisa apa saja (karena kura-kura brazil ini omnivora) memang bener sih untuk kura-kura dewasa yang umurnya sudah diatas satu tahun peliharanya ngga repot, dan jarang sakit, tapi beda dengan kura-kura Brazil / RES yang masih bayi.

RES yang masih bayi butuh banyak perawatan beberapa yang penting diantaranya :
  • RES / kura-kura brazil itu hewan semi-air artinya butuh daratan dan air, nah lingkungan hidupnya harus tersedia air dan daratan, kalau peliharanya di aquarium bisa dibuatkan docking (pijakan) yang kering atau ngga terkena air sama sekali nah untuk pembuatan docking mungkin nanti di posting yang berbeda ya
  • RES yang masih bayi perlu di jemur, diberi makan teratur, diperhatikan tempat tinggalnya
Sebenernya posting ini saya buat karena salah satu bayi RES saya baru aja mati sore ini, jadi saya ngga pengen bayi RES temen-temen mati juga karena perawatan yang salah seperti yang saya lakukan.

langsung saja de kita bahas satu per satu

Kandang kura-kura brazil yang cocok ?

Untuk yang baby lebih baik di aquarium karena lebih mudah untuk memantau makanan, tingkah laku, fisik, kebersihan kandang pokoknya semuanya lebih mudah di pantau. jika di kolam khawatirnya baby RES tidak terpantau.

Air yang digunakan disarankan air sumur, bukan air PAM karena air PAM terkadang sudah dicampur dengan zat-zat kimia yang bisa berbahaya bagi baby RES, kalaupun tidak ada air sumur bisa menggunakan air PAM tetapi harus diendapkan dulu sehari semalam.

Nah air ini perlu diganti minimal dua kali sehari jika aquarium yang dipakai tidak menggunakan filter air, Filter air yang bagaimana ? bebas sih yang penting bisa menyaring kotoran yang ada di air, karena kura-kura brazil makan dan buang air/ BAB /boker didalam air < kok ini diperjelas banget ya. jika aquarium tidak berfilter biasanya kotoran sisa makanan ataupun hasil BAB dari si RES ini akan melayang kesana kemari kadang bisa juga termakan oleh si RES sendiri.

sambil mengganti air, jangan lupa bersihkan aquarium cukup pakai sikat untuk menghilangkan lumut atau kotor-kotoran lain yang menempel di aquarium nah pada saat pembersihan tidak perlu pakai sabun ya! karena khawatirnya sisa-sisa sabun tadi masih menempel di aquarium dan jika termakan oleh RES apalagi yang masih baby bisa berbahaya.

oke clear tentang air, masih banyak lagi yang perlu diperhatikan

aquarium seperti apa yang bagus untuk anakan kura-kura brazil ? usahakan aquarium memiliki docking / tempat yang tidak basah tujuannya untuk berjemur kura-kura sederhananya kamu bisa memasukkan batu yang bagian atasnya datar dan tidak terkena air.

apa boleh aquarium diisi tanaman-tanaman hias seperti di aquascape?, hmmm untuk yang ini saya sendiri masih ragu, cuma sebaiknya jangan deh, karena kita belum tau tanaman yang ada di aquascape itu aman atau tidak jika secara tidak sengaja dimakan oleh baby RES.

apa boleh aquarium dicampur dengan ikan lain ? sebaiknya tidak, karena kura-kura brazil ini omnivora biasanya dia akan memangsa ikan-ikan lain yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya, atau jika RES masih bayi bisa saja malah bayi RES yang dimangsa oleh ikan lain yang omnivora misalnya ikan zebra , terkecuali jika tujuan dicampurnya untuk memberi makan kura-kura nah ini bisa saja misalnya dengan mencampur ikan guppy / gepi atau ikan cenang.

apakah boleh bayi kura-kura dicampur dengan kura-kura dewasa? tidak boleh, karena meskipun dari jenis yang sama (sama-sama kura-kura brazil / RES) kura yang dewasa tidak menerima kehadiran si bayi biasanya bayi akan diserang dan malah dikira makanan (pengalaman waktu mencampur baby RES dengan Elder RES umur 2 tahun++)

nah itu untuk aquarium dan air, jika ada yang kurang bisa teman-teman tambahkan dikomentar

sekarang masuk ke Pakan.

Makanan untuk bayi kura kura brazil

makanan yang paling sederhana bisa dengan pur / pelet khusus kura-kura yang dijual di toko aquarium, tetapi biasanya ukuran pur ini terlalu besar untuk mulut bayi, nah teman-teman bisa pecahkan dengan cara menumbuk pelet / pur tersebut baru diberikan ke bayi RES.

boleh juga diberikan sayuran seperti sawi, tetapi usahkan di potong kecil-kecil secara horizontal tujuannya agar lebih mudah masuk kedalam mulut bayi RES.

biasanya kura-kura brazil yang masih bayi tidak banyak makan, maka dari itu pemberian makan tidak perlu berlebihan, sisa makanan bisa mengotori aquarium (jika aquarium tidak pakai filter) jika terdapat banyak sisa makanan sebaiknya dibuang khususnya jika makanan berupa sayur, karena sayur yang dibiarikan di aquarium bisa membusuk dan membawa jamur yang bisa menulari kura-kura.

jamur yang menyerang kura-kura brazil yang masih bayi bisa menyebabkan kematian lho. bahaya banget (pengalaman pribadi bayi kura-kura mati karena terserang jamur).

sepertinya sudah cukup panjang posting kali ini, akan disambung ke part dua tentang keperluan selain aquarium,air dan pakan. 

Comments

  1. Kalau kura" RES nya ad 2 yg masih bayi boleh di campur sewaktu kasih makan? Soal nya satu rada pasif gk mau makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa gpp.. Asal kura kura nya gak berantem/rebutan.. Dan juga aquarium nya cukup luas

      Delete
  2. Pelet cupang yg kecil kecil bisa gak kira"?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ngeblog pakai bahasa formal atau informal ?

Waspada penjual domain TLD murah